SKRIPSI PBA
Pengguna Permainan Mufradat Hangman Dalam Meningkatkan Motivasi Bahasa Arab Kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikan siswa di kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan dalam mempelajari bahasa Arab. Penyebab kurangnya ketertarikan siswa dalam mempelajari bahasa Arab adalah penggunaan metode pengajaran bahasa Arab yang monoton dan tradisional. Dalam penggunaan metode tersebut kurangnya interaksi murid dalam pembelajaran dan kurangnya partisipasi aktif dari siswa. Akibatnya siswa merasa bosan dengan pelajaran bahasa Arab dan kurang termotivasi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menggunakan permainan hangman dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab agar lebih menarik, untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berbahasa siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui tingkat motivasi siswa sebelum diterapkannya permainan mufrodat Hangman di kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Mengetahui tingkat motivasi siswa setelah diterapkannya permainan mufrodat Hangman di kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment Design (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, Instrumen Penelitian, dan uji instrumen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis data. Hasil Penelitian ini bahwa permainan mufradat Hangman efektif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan berdasarkan data perbandingan antara pre-test dan post-test, serta hasil dari dua kali penerapan treatment.
24SK2422119.00 | SK PBA 24.119 MAU p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain