SKRIPSI PBA
Pengembangan Media Puzzle Tebak Gambar Mufrodat Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas VII MTS Saalafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya peserta didik dalam mempelajari kosakata bahasa Arab, yang dipengaruhi oleh minimnya penguasaan kosakata bahasa Arab dan semangat belajar dikalangan peserta didik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji pemanfaatan media agar lebih efektif, efesien serta menarik dalam meningkatkan kosakata siswa kelas VII MTs Salafiyah Wiradesa. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana Pengembangan proses ADDIE? 2) Bagaimana hasil validasi dari ahli materi dan ahli media? 3) Apakah ada perubahan setelah menggunakan media puzzle tebak gambar disekolah MTs Salafiyah Wiradesa? Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Mengetahui proses ADDIE didalam media puzzle tebak gambar mufrodhat siswa MTs Salafiyah Wiradesa 2) Mengetahui hasil validasi dari ahli materi dan ahli media terkait media puzzle tebak gambar 3) Mengetahui adanya perubahan atau tidaknya setelah dan sebelum menggunakan media puzzle tebak gambar. Kegunaan penelitian 1) Media puzzle tebak gambar mufrodhat bahasa Arab digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab 2) Kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik Metode penelitian ini yaitu Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasion, and Evaluation). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa media puzzle tebak gambar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran bahasa Arab, hal ini terbukti dengan cepatnya peserta didik menerima dan memahami materi yang diberikan. Serta bisa dilihat dari angket peserta didik dengan total rerata senilai 78. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perubahan setelah menggunakan media puzzle tebak gambar. Sebelum meggunakan media siswa terlihat bosan dan cenderung tidak memperhatikan guru. Setelah menggunakan media siswa aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.
24SK2422086.00 | SK PBA 24.086 PUT p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain