SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII Pondok Modern Tazakka
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan aplikasi Geo-G sebagai media pembelajaran bangun ruang sisi datar untuk santri di pondok pesantren. Bangun ruang sering kali dianggap sebagai materi yang sulit dalam pelajaran matematika, terutama di lingkungan pondok pesantren di mana minimnya media pembelajaran dapat menjadi hambatan utama. Dengan menggunakan pendekatan model ADDIE, penelitian ini mengimplementasikan aplikasi Geo-G berbasis android mobile game yang terintegrasi dengan augmented reality pada filter Instagram sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi belajar, motivasi, dan hasil pemahaman santri terhadap bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Geo-G dinilai valid oleh ahli media dan ahli materi dengan skor masing-masing 92% dan 82,6%. Respons positif dari guru dan siswa dalam uji coba aplikasi ini juga menunjukkan bahwa Geo-G praktis digunakan, dengan skor respons mencapai 87,3%. Evaluasi terhadap hasil belajar santri menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah menggunakan Geo-G, dengan peningkatan skor uji asesmen awal dan asesmen akhir sebesar 61,3%. Secara keseluruhan, aplikasi Geo-G dapat menjadi solusi efektif untuk mendukung pembelajaran bangun ruang sisi datar di pondok pesantren. Pengembangan aplikasi ini diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menyediakan media yang lebih interaktif dan mendukung pembelajaran santri secara lebih baik.
24SK2426110.00 | SK TM 24.110 IRS p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain