SKRIPSI PGMI
Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas III MI Salafiyah Tanjungsari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang
Pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, anak diharapkan untuk lebih memahami arti pentingnya karakter yang baik dan positif melalui media. Salah satu kemajuan teknologi yaitu permainan yang disebut game online. Game online merupakan teknologi daripada genre atau sebuah sistem yang harus tersambung koneksi internet. Umumnya game online ini di mainkannya di komputer dan gawai. Permainan yang disebut game online ini sudah banyak dikenal dikalangan anak- anak yang tahapnya masih proses belajar. Disamping senang saat memainkan permainan game online ini, juga banyak dampak memainkan permainan game online ini. Bermain game online tidak mengenal waktu juga bisa jadi satu masalah yang sangat signifikan yaitu mengganggu proses belajar. Seperti halnya di sekolah MI Salafiyah Tanjungsari, siswa kelas III diperbolehkan ketika di rumah membuka gawai untuk mencari informasi ketika bapak/ibu guru memberi tugas rumah yang mempermudah akses informasi. Dan sikap negative peserta didik ketika sudah memakai gawainya malah asyik bermain game online. Akibatnya ketika proses belajar di kelas terdapat peserta didik yang melamun, mengantuk, asyik bermain dengan teman, tidak mengerjakan PR, yang lebih parah berkata kotor dan kasar. Perubahan perilaku belajar seperti ini dapat mengakibatkan penurunan nilai pada mata pelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: 1) Bagaimana intensitas bermain game onlinenya?, 2) Bagaimana perilaku belajarnya?, 3) Apakah terdapat pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku belajar disana?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas bermain game online, perilaku belajar dan seberapa pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku belajar siswa kelas III MI Salafiyah Tanjungsari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan dibidang ilmu pengetahuan dan ilmu psikologi kepribadian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III MI Salafiyah Tanjungsari dengan sampel berjumlah 41 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan pengukuran skala likert. Teknis analisis data dengan menggunakan analisis regersi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Intensitas bermain game online kelas III MI Salafiyah Tanjungsari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang termasuk dalam kategori rendah. Terbukti dari hasil penelitian yang diambil dari angket yang viii disebarkan kepada 41 responden memperoleh skor sebesar 2668 dengan nilai terendah 28 dan nilai tertinggi 84. Selain itu, angket tersebut juga memiliki nilai rata-rata sebesar 65,07. Nilai rata-rata tersebut berada pada interval yang masuk pada kategori rendah yaitu 58-67. 2) Tipe perilaku belajar siswa kelas III MI Salafiyah Tanjungsari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang tergolong sedang terbukti dari hasil penelitian yang diambil dari angket yang disebarkan kepada 41 responden memperoleh skor sebesar 2174 dengan nilai terendah 35 dan nilai tertinggi 83. Selain itu, angket tersebut juga memiliki nilai rata-rata sebesar 53,02. Nilai rata-rata tersebut berada pada interval yang masuk pada kategori sedang yaitu 58-63. 3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji T diperoleh hasil t hitung yang lebih kecil dari t tabel yaitu -4,765 < 1,685 dapat dinyatakan bahwa variabel intensitas bermain game online (X) tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel perilaku belajar (Y) kelas III MI Salafiyah Tanjungsari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. 4) Berdasarkan hasil R= R Square (R2 ) diperoleh hasil sebesar 0,368, artinya presentase sumbangan dari pengaruh variabel intensitas bermain game online (X) terhadap variabel perilaku belajar (Y) sebesar 36,8% sedangkan 63,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
23SK2323134.00 | SK PGMI 23.134 SID p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain