SKRIPSI PAI
Pandangan Keagamaan Komunitas Santri Batang Tentang Pemahaman Moderat (Perspektif Pendidikan Islam)
Kata Kunci : Pandangan Keagamaan, Komunitas Santri Batang, Moderat,Perspektif Pendidikan Islam.
Pandangan keagamaan pada zaman sekarang menunjukkan kecenderungan konservatif dalam beragama. Kehadiran kelompok Islam radikal akan mengancam keberadaan Islam dalam hal ancaman keutuhan dan kelangsungan berbangsa dan bernegara. Sementara itu, pandangan keagamaan yang moderat juga muncul dengan tujuan menjadi agama yang memiliki pandangan sebagai jalan tengah antara pandangan keagamaan yang berlawanan.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pandangan Keagamaan Komunitas Santri Batang Tentang Pemahaman Moderat (Perspektif Pendidikan Islam)?, (2) Bagaimana Kontribusi Komunitas Santri Batang Dalam Memberikan Pemahaman Pandangan Keagamaan Yang Moderat (Perspektif Pendidikan Islam)?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pandangan Keagamaan Komunitas Santri Batang Tentang Pemahaman Moderat (Perspektif Pendidikan Islam), (2) Untuk mengetahui Kontribusi Komunitas Santri Batang Dalam Memberikan Pemahaman Pandangan Keagamaan Yang Moderat (Perspektif Pendidikan Islam).
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) melalui pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Komunitas Satri Batang adalah komunitas pemuda yang bergerak di bidang agama dan mempromosikan gagasan Islam Moderat dan anti-radikalisme agama. Tujuan dari komunitas Santri Batang sendiri yaitu merespon pandangan-pandangan kalangan anak muda yang konservatif ke moderat. Karena melihat latar belakang sejarah berdirinya Komunitas Santri Batang. Sebenarnya Komunitas Santri Batang tidak memaksa kalangan anak muda agar berpindah haluan pandangan keagamaan. Namun intinya lebih mengajak semua kalangan anak muda dari berbagai latar belakang pandangan agar mau mengaji bersama, berdialog bersama antar perbedaan pandangan dan kemudian mereka mampu memahami pandangan keagamaan mereka masing-masing. (2) Kontribusi yang dilakukan oleh Komunitas Santri Batang sangatlah banyak dalam memberikan pemahaman pandangan keagamaan yang Moderat (Perspektif Pendidikan Islam), diantaranya membuat kegiatan-kegiatan yang mengandung toleransi intra-agama sebagai upaya membangun dialog intra-agama itu sendiri.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, M. Amin, dkk.. 2018. Costly Tolerance Tantangan Baru Dialog Muslim-Kristen Di Indonesia Dan Belanda. Yogyakarta: CRCS.
Afad, Mochamad Najmul. 2020. Muda Berdaya: Sebuah Pendidikan Moderat Kritis Komunitas Santri Batang. IAIN Pekalongan: Islamic Management and Empowerment Journal.
Ahmadi, Abu Ahmadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.
Al Muiz, Mochamad Nasichin, dkk.. 2020. Pendekatan Konservatif dalam Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian IAIN Kudus, Vol. 14, no. 1.
Avifah, Nurul. 2020 Peran Kajian Pendidikan Islam Dalam Membentuk Sikap Keberagamaan Santri DI Pondok Pesantren Fatimatuzzahra Purwokerto. Purwokerto: Skripsi IAIN Purwokerto.
Azmi, Muhammad Bagus. 2019. Penerapan Nilai-Nilai Islam Moderat Di Kalangan Mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Bachri, Bactiar S. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. ( Universitas Negeri Surabaya : Kampus Lidah Wetan).
Bastian, Indra, Rijadh Djatu Winardi, dkk.. 2018. Metode Wawancara. Yogyakarta : UGM Yogyakarta.
Darmadi. 2017. Integrasi Agama Dan Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Diandra Kreatif.
Fanani, Ahmad Fuad. 2013. Fenomena Radikalisme di Kalangan Pemuda. Institut Maarif. Jakarta.
Gustam, Risky Ilham Binatra. Islam Progresif dan Islam Konservatif Kader Muda Muhammadiyah Surabaya. Surabaya: Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.
Hasanah, Hasyim. 2015. Faktor-Faktor Pembentuk Kesadaran Beragama. (UIN Walisongo Semarang: Jurnal Sawwa).
Hilmy, Masdar. 2013. “Whither Indonesia’s Islamic Moderatism? A Reexamiation on the moderate Vision of Muhammadiyah and NU. Journal of Indonesian Islam.
IAIN Pekalongan. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Pekalongan : FTIK.
Kahar, Syadidul, dkk.. 2019. Peran Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya 4 (2).
Kamba, Nursamad. 2018. Konstruksi Islam Moderat. Yogyakarta : Lembaga Ladang Kata.
Kurniawan, Fajar. 2019. Pengembangan Teori Pendidikan Islam Perspektif Islam Perspektif Muhammad Jawwad Ridla (Religius Konservatif, Religius Rasional, Pragmatis Instrumental). Sleman: Jurnal A-Ta’lim, Vol. 18, No. 1.
Maghfuri, Amin. 2019. Peran Lembaga Pendidikan Dalam Pengrusutamaan Islam Moderat Sebagai Upaya Melawan Paham Konservativ-Radikal. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Islam.
Menzies, Allan. 2015. Sejarah Agama Agama Studi Sejarah Karakteristik dan Praktik Agama-Agama Besar di Dunia. Yoyakarta: Forum.
Moleong, Lexy J Moleong. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakary.
Nisok, Siti Roisadul. 2021. Mainstreaming Moderasi Beragama Di Ruang Digital : Telaah Atas Portal Keislaman Islami.Co Perspektif Rasionalitas Komunikatif Jurgen Habermas. Surabaya: Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.
Prasetiawati, Eka. 2017. Menanamkan Islam Moderat Upaya Menanggulangi Radikalisme di Indonesia. IAIMNU Metro Lampung.
Putri, Meri Ayu. 2018. Peran Komunitas Jalan-Jalan Edukasi Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Panti Asuhan Di Kecamatan Way Halim Bandar Lampung. Lampung : Skripsi UIN Raden Intan Lampung.
Rahmat, Abdi, dkk.. 2015. Pengantar Sosiologi Agama. Jakarta: LPP Universitas Negeri Jakarta.
Rinwanto. 2020. Pendampingan Jama’ah Yasinta Dan Pengajian Nurul Hidayah Melalui Mauidloh Hasanah Untuk Mengubah Mindset Konservatif Warga Desa Jegulo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Tuban: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Ritaudin, M. Sidi. 2017. Promosi Islam Moderat menurut KETUM (MUI) Lampung Dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. Jurnal Tapis : Vol. 13 No. 2.
Sebastians, Leonard C., dkk. 2021. Rising Islamic Conservatism in Indonesia : Islamic Groups and Identity Politics. Routledge: Taylor & Francis Books.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Puublishing.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Nanang Hasan. 2017. Reinterpretasi Konsep Bidah Menuju Islam Transformatif. Jurnal MADANIA, Vol. 21, no. 2.
Syaripudin. 2018. “Principles OF Moderation In Islamic Politic”, (UIN Raden Intan Lampung: Jurnal RI‟AYAH.
Umar, Achmad Jauhari and Ahmad Faqih. 2020. “The KSB, Intrareligious Dialogue and Religious Tolerance: A Dynamics of Creating Intrareligious Dialogue”.UGM CRCS.
Untung, Moh. Slamet Untung. 2019. Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: litera).
Wahyu, Muhammad. 2021. Peran dan Upaya Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur Dalam Moderasi Pandangan Keagamaan. Surabaya: Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.
Wahyudi, Chafid. 2011. Tipologi Islam Moderat Dan Puritan : Pemikiran Khaled M. Abou El-Fadl. Teosofi : Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam Vol. 1 No. 1.
Wenger, Etienne. 2014. Cultivating Communities Of Practive. Boston: Harvard Business School Press.
Winata, Koko Adya, dkk.. 2020. Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
23SK2321285.00 | SK PAI 23.285 LAT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain